Penerapan Digital Marketing dan Offline Marketing Guna Meningkatkan Penjualan Di Era New Normal pada PT. Musawa Jaya Perkasa

Levina Yulianti Arischa, Sri Hindah Pudjihastuti

Abstract


Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada dalam bidang marketing yang dilakukan oleh PT. Musawa Jaya Perkasa dengan variabel Digital Marketing dan Offline Marketing terhadap Penjualan. Laporan ini dibentuk berdasarkan hasil wawancara, yang mana sebagian karyawan dan konsumen PT. Musawa Jaya Perkasa menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil laporan ini menunjukkan bahwa permasalahan terdiri dari (1) lemahnya pemasaran online atau digital marketing yang dilakukan oleh perusahaan, (2) pemasaran offline yang hanya mengandalkan sistem pembagian browsur di lingkungan sekitar perumahan yang menyebabkan jangkauan pemasaran kurang luas. Dalam laporam ini, memberikan saran maupun rekomendasi berupa (1) memperkuat jaringan pemasaran digital dengan menjalankan website perusahaan, iklan berbayar, Search Engine Marketing, video konten marketing yang menyesuaikan trend terbaru, (2) membangun relasi kerjasama antar perusahaan lain baik yang satu bidang properti maupun perusahaan lain dengan menawarkan perumahan kepada karyawan-karyawan sebagai kompensasi wujud pengabdian karyawan terhadap perusahaan, (3) memasang pamflet, banner, maupun spanduk di luar lingkungan perumahan agar masyarakat luas mengetahui keberadaan perumahan dan menarik konsumen, (4) memperkuat kinerja pemasaran dalam menjadi sponsor acara-acara besar atau pameran terkait properti agar masyarakat luas mengetahui keberadaan perusahaan PT. Musawa Jaya Perkasa.

Kata kunci : Penjualan, Digital Marketing, Offline Marketing, Pemasaran, Target Penjualan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Candra, et al. (2021) "Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pengembangan Usaha Ternak Tikus Putih." Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1:29-37.

Andri, Lusian Andrianto, and Sofa Sofiana. (2022) "Penerapan Aplikasi Daily Repot Departemen Qc PT. Talkindo Selaksa Anugrah Berbasis Website." OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains 1.04 403-411.

Atila, Cici Winda, and Wahyu Syarvina. (2022) "Analysis of Property Marketing Strategy by Utilizing Digital Marketing (Case Study of PT Rizki Mandiri)." Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan 3.3:803-808.

Bobalo, Olena. (2018) "Future of offline marketing ahead of the rapid development of online marketing." Baltic Journal of Economic Studies 4.3 : 1-7.

Cahyono, Basuk, Andi Tri Haryono, and Djamaludin Malik. (2016) "Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing dan Service Excellent terhadap Loyalitas Konsumen PT. Adinata Graha Raya Kaliwungu dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening." Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer 2.1

Chiang, I. Ping, Chia yi Lin, and Chih Hui Huang. (2018) "Measuring the effects of online-to-offline marketing." Contemporary Management Research 14.3:167-189.

Destrilia, Intan, I. Wayan Lendra, and Pindo Riski Saputra. (2022) "Strategi Digital Marketing Pengusaha Kuliner dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19." Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 6.1:1-6.

Dewi, Kadek Novayanti Kusuma, and Luh Putu Mahyuni. (2022) "Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha." Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6.3 :716-724.

Efendi, Erfan, et al. (2021)"Meningkatkan perekonomian masyarakat di masa new normal melalui kegiatan ekonomi kreatif usaha dengan memanfaatkan media online." Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 1.4 : 259-264.

Fahrika, Afifah, N. Rachma, and Afi Rahmat Slamet. (2019) "Pengaruh Online Marketing Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Joyism Malang." Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 8.4.

Firdaus, Mohammad Iqbal, Putri Nur Azizah, and Rohmatu Sa'adah. (2022) "Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0." Jurnal Graha Pengabdian 4.2: 154-162.

Gheta, Antonius Philippus Kurniawan, and MM SE. (2022) "DIGITAL MARKETING VS TRADISIONAL MARKETING." Digital Marketing Strategy: Online Marketing Approach: 17.

Halim, RM Nasrul. (2016) "Rancang Bangun Sistem Pengolahan Data Peserta Diklat di LP3SDM AZRA Palembang." Jurnal Ilmiah Matrik 18.3 : 261-270.

Hendrawan, Andi. (2019) "Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacaP." Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan 4.1: 50-61.

Indrasmitha, Gustyana, Irawan Yuswono, and Sari Rahmadhani. (2022) "PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19." Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT) 13.1: 95-104.

Jaya, Komang Aji Pradnya, Ni Luh Putu Sariani, and Ni Wayan Wijayanti. (2022) "EFEKTIFITAS PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA DISTRIBUSI GAS LPG PT. PRAPEN ANANDA DEWATA KLUNGKUNG." Jurnal Abdimas Mandiri 6.1.

Karim, Nurfadilah, Agung Winarno, and Agus Hermawan. (2022) "PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM PADA MINIATUR KAPAL PINISI DI KABUPATEN BULUKUMBA." Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5.2: 643-648.

Nadza Kusuma, Sanya. (2020) "Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.".

Neno, Marianus Saldanha. (2021) "Analisi Pemanfaatan Digital Marketing Pada Rumah Makan Kahang Jaya Liliba Di Masa Pandemi Covid 19." GLORY: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial 2.2-Jun : 147-160.

Nurdin, Sahidillah, and Lutfi Hardianti. (2022) "MENINGKATKAN MINAT BELI MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN EKUITAS MEREK." Jurnal Sain Manajemen 4.1 : 36-46.

Nurlaela, Lina, and Amelia Nur Fariza. (2022) "STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM KOFFIE HIDEUNG DI DESA MEDALSARI." ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA 1.1 : 80-91.

Pratama, Rizki Suma, et al. (2022) "PELATIHAN PROMOSI DAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI KOTA SURABAYA." KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.2 : 118-124.

Priambodo, Wisnu, Danu Kusbandono, and Elvyna Dhamayanti. (2022) "Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM Es Permen Karet 2320 Di Kabupaten Lamongan." BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1.03 : 434-440.

Putri, Prisma Miardi, and R. A. Marlien. (2022) "Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online." Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 5.1 : 25-36.

Rapitasari, Diana. (2016) "Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan." CAKRAWALA 10.2 : 107-112.

Setyono, Langgeng, and Reika Happy Sugiastuti. (2022) "PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING UKM DI INDONESIA." PROFIT: JURNAL ADMINISTRASI BISNIS 16.2 : 216-229.

Sodikin, Mohamad. (2020) "Competitive advantages of sharia banks: Role of Ihsan behavior and digital marketing in new normal." Journal of Digital Marketing and Halal Industry 2.1 : 1-14.

Suhartini, Tini. (2022) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Rahayu Florist Jakarta. Diss. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan.

WIJAYA, ANINDHITA YUNIAR. (2022) "STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BATIK (Studi Kasus Pada UD. Batik Tie poek Trenggalek).".

Yudha, Bhisma Maha Santika Haning. (2019)"Kajian komparatif keefektifan penggunaan search engine optimization dan search engine marketing dalam mendongkrak penjualan." Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan 5.1.

Yuniarsih, Yuyun, et al. (2022) "Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Volume Jumlah Mahasiswa di masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Tim Promosi Online Fisip Universitas Sangga Buana)." Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi) 2.1 : 35-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot