Implementasi Budaya Religius Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Mi Darun Najach Onggorawe Sayung Demak

Findiyani ., Sarjuni .

Abstract


Findiyani. 31501900046. Penelitian ini mengetahui tentang Implementasi Budaya Religius Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Darun Najach Onggorawe Sayung Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan budaya religius dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di MI Darun Najach Onggorawe telah direncanakan dengan baik oleh bapak kepala madrasah bersama para staf guru. Proses perencanaannya berbentuk program kerja madrasah yang kemudian di buat jadwal pelaksanaan harian, mingguan dan tahunan. Untuk pelaksanaan budaya religius dalam pembentukan akhlakul karimah peserta didik di MI Darun Najach Onggorawe sudah baik hal ini sesuai hasil wawancara dan observasi. Dalam pelaksanaan budaya religius harian dapat membentuk akhlak peseerta didik seperti taqwa, rendah hati, jujur, disiplin dan bertanggung jawab. Dan untuk evaluasinya dengan cara memberikan peringatan, bimbingan namun dalam program budaya religius membaca yanbu’a atau al-Qur’an (tahfidz) dengan cara maju satu persatu dengan guru untuk mensetorkan hafalannya setiap satu minggu sekali.

Kata Kunci: Budaya Religius, Akhlakul Karimah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M.Yatimin. 2007. Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Amin, Alfauzan. 2018. Model Pembelajaraan Agama Islam Di Sekolah. Yogyakarta: Samudra Biru.

Djaali, and Puji Mulyono. 2000. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.†Edumaspul Jurnal Pendidikan vol 2(1): 85.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Ilyas, Yunahar. 2007. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LIPI Pustaka Belajar.

Ismail, Risnawati. 2018. “Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik.†TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 6(1): 53–68.

Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan. 2014. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadudi Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhammad, Abdukhadir. 2018. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Nisa’, Choirun. 2019. “Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo.†Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Nurdiana, Andartik. 2020. “Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Budaya Religius Di MTs Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo.†Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Upaya Mengembangkan PAI Dari Teori Ke Aksi. Malang: UIN Maliki Press.

Samsuddin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2018. “Strategi Menciptakan Budaya Religius Di Sekolah.†Jurnal Tawadhu 2: 469.

Ulfah, Jannah, and Suyadi. 2021. “Konsep Budaya Religius Dalam Membangun Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.†Jurnal Ilmu Pendidikan vol 21(1): 23.

Usman, Nurdin. 2022. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.