HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA SMA

Dewi Hidayanti, Bettie Febriana, Wahyu Endang Setyowati

Abstract


Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang dicontohkan orang tua untuk anak-anak dan diperkuat dari waktu ke waktu sehingga mempengaruhi perkembangan anak. Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak, pola asuh yang tidak tepat dapat mengakibatkan anak merasa tertekan dan kemudian mengalami stres. Stres merupakan respon individu terhadap tekanan atau beban kehidupan. Kondisi ini mengakibatkan terganggunya kesehatan jiwa seseorang. pPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat stres pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dengan jumlah populasi 360 siswa, jumlah sampel 189 responden kelas XI. Penelitian ini mengunakan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar kuesioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 128 orang (67,7%). Sebagian besar berusia 16 tahun dengan 133 orang (70,4%). Sebagian besar responden dengan pola asuh otoriter mengalami tingkat stres berat dengan jumlah 40 orang. Penelitian ini menunjukan nilai p value 0,000 ( p value 0 < 0,05) hal ini menunjukan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat stres pada siswa SMA. Terdapat hubungan yang kuat antara pola asuh orang tua dengan tingkat stres pada siswa di SMA N 1 Boja.

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Tingkat Stres, Remaja

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063

Arinda, A. (2021). Sekolah Ibu: Konsep Dan Implementasi (Studi Kasus Pola Asuh Islami Dalam Keluarga Di Kota Bogor). Arruum Arinda Dirasah, 4(2), 134–153. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Arsyam. (2018). Hubungan ANtara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja Di SMA NEG.1 Sinjai Timur

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Identifikasi Tingkat Stress Setelah Dilakukan Biblioterapi pada Anak yang Dilakukan Tindakan Invasif di Rumah Sakit. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya Vol.14 No.1 Maret 2019 Print ISSN 2085-3742 Online ISSN 2598-1021 http://journal.stikeshangtuah-sby.ac.id/index.php/JIKSHT

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Chairini, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di posyandu kemiri muka. Skripsi, 1–93. http://repository.uinjkt.ac.id

Dina, F. A. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Coping Stress Remaja Dalam Belajar Pai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Clapar Ngawen Kabupaten Magelang. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2657

Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes. Dasar Metodologi Penelitian (2015).

dudi hartono. (2016). Psikologi.

Evans, K., & Nizette, D. (2017). Psychiatric and Mental Health Nursing Fourth Edition.

Fauzi, R. N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Muhammadiyah 2 Gamping Sleman Yogyakarta. Universitas Aisyiyah, 11.

Hari, P. P., Widodo, D., & Widiani, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Dengan Tingkat Stres Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Anak Kelas VI Di SDN Sukun 1 Malang. Nursing News, 2(3), 511–521. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/450/368

Iii, B. A. B. (n.d.). adalah penelitian yang tidak hanya melukiskan suatu peristiwa, tetapi juga mengambil simpulan umum dari masalah yang tengah dibahasnya. Penelitian ini melakukan uji hipotesis dan analisis hubungan antar variabel dalam penelitian. Dalam Penelitian. 48–72.

Issn, E. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Denfan Tingkat Syres Pada Remaja Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 3 Sungai Raya. Tanjungpura Journal of Nursing Practice and Education, Volume No.3, No. 2, 2021 E ISSN. 3(3), 25–39.

Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2020). Characteristics Of Adolescent Development. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Jeklin, A. (2016).‘Globalisasi Budaya Dan Teknologi Dalam Mengantisipasi Kemerosotan Akhlak Siswa ( Peneletian Di MAN 1 Dan SMAN 5 Kota Cilegon ).’, July, 2016, 1–23 BAB III. July, 1–23.

Kundre, R., & Bataha, Y. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Bekerja Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4 - 5 Tahun) Di Tk Gmim Bukit Moria Malalayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.25202

M. Yusuf. (2019). Pola asuh islami (Islamic parenting) keluarga campuran Indonesia-belanda yang berdomisili di belanda. 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Ramatia, nanda nola. (2022). Hubungan Karakteristik Dan Pola Asuh Orang tua Dengan Tingkat Kejadian Depresi Pada Remaja Selama Masa Pandemi covid-19Di SMA Negeri 11 Makassar. Nanda Lola, 8.5.2017, 2003–2005.

Safitri, Y., & Hidayati, N. E. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja Di Smk 10 November Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 11–17.

Townsend, M. C., & Morgan, K. I. (2015). Psychiatric mental health nursing: Concepts of care in evidence-Based Practice Fifth Edition. Pychiatric Mental Health Nursing: Concepts of Care in Evidence-Based Practice., 267–271.

Widiyanti (2017). Y Gambar 1. Paradigma Sederhana 24 Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Perkembangan Emosi Peserta Didik Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-106. PGSD, UMP 2017. 24–59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.