HUBUNGAN ANTARA PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING (KORBAN) PADA REMAJA

Hesti Sofia Putri, Bettie Febriana, Wahyu Endang Setyowati

Abstract


Teman sebaya memiliki peran dalam proses perkembangan perilaku remaja, karena remaja lebih sering berada diluar bersama teman sebayanya. Perkembangan pada remaja salah satunya yaitu kebutuhan teman sebaya, dengan adanya teman sebaya dapat memberikan dukungan terkait kejadian bullying. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah siswa-siswi remaja. Teknik yang digunakan adalah random sampling sebanyak 106 responden. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Chi Square. Hasil penelitian menggunakan uji Chi Square, terbukti bahwa p value 0.000 yang berada dibawah 0.05 (0.000<0.05) maka terdapat hubungan antara peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja yang mana dua variabel tersebut sudah diuji. Terdapat hubungan antara peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying (korban) pada remaja.

Kata Kunci: Peran kelompok teman sebaya, perilaku bullying.

Full Text:

PDF

References


Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., Engkizar, E., Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32.

Andini, L. S., & Kurniasari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada pelajar SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 4(3), 99–105.

Arum, P. C. (2018). Gambaran Pengetahuan Dan Peran Teman Sebaya Tentang Bullying Pada Remaja Di Kelas X Smk Y Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). April, 2021.

Budiman, N. &. (2021). Hubungan Faktor Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. 2(3), 1539–1546.

Dihni, V. A. (2022). KPAI: Aduan Anak Jadi Korban Kekerasan Fisik Mendominasi pada 2021. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 2022.

Elmahera, D. (2018). Analisis Bullying Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Fauzia, T. F., & Rahmiaji, L. R. (2019). Memahami pengalaman body shaming pada remaja perempuan. Interaksi Online, 7(3), 238–248.

Fithria, F., & Auli, R. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, 7(3), 9–17.

Hafiezah, N. & T. S. (2019). Peran Kelompok Teman Sebaya Terhadap Pencegahan Perilaku Menyimpang Siswa di Sekolah SMA Negeri 1 Wotu Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 80–84. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Hanifah, N., & Nurmaguphita, D. (2018). Hubungan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Bully pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Haryana, D., Suwaryani, N., Ahmad, A., Purwanto, P., Utami, A. B., & Priamsari, A. (2018). Stop perundungan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Herawati, N., & Deharnita, D. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.

Husain S, M. N. (2018). Hubungan Peranan Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smp Pgri Kasihan Bantul Yogyakarta. Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Ihsan, & Marhani, I. (2020). Dukungan Teman Sebaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Psycho Idea, 18(2), 197–207.

Irvan, U. (2019). Perilaku Bullying Ditinjau dari Peran Kelompok Teman Sebaya dan Iklim Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1689–1699.

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service of Health Science, 1(1), 15–20.

Miftahudin, F. M. (2019). Hubungan antara peran teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di salah satu sekolah dasar kota salatiga. Jurnal Keperawatan, 1–9.

Permana, S. A. (2019). Penanganan Perilaku Bullying Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 47–53.

Putri, H. N., & Nauli, F. A. (2020). Faktor–faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja. Riau University.

Rohimah, A. (2019). Hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku.

Sari, D., & Gusdiansyah, E. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian bullying di SMA Bunda Padang tahun 2017. JIK (JURNAL ILMU KESEHATAN), 3(1), 16–23.

Savitri. (2021). Hubungan Faktor Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Borneo Student Research (BSR), 2(2), 950–957.

Solikhin, B. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Yessy, widodo pramita. (2021). Hubungan Kepercayaan diri, Teman Sebaya dengan perilaku bullying verbal pada anak di SD Panggung 4 Kota Tegal. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan Bhamada, 12(1), 11–16.

Zahrina, A. (2018). bullying, Pola asuh orang tua. University of Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot