HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KESADARAN DIRI DENGAN PRESENTASI DIRI PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL
Abstract
Kata kunci: Harga diri, kesadaran diri, presentasi diri
Full Text:
PDFReferences
Doherty, K., & Schlenker, B. R. (1991). Selfâ€consciousness and strategic self presentation. Journal of Personality, 59(1), 1–18.
Fenigstein, A., Scheier, M. F., & Buss, A. H. (1975). Public and private self-consciousness: Assessment and theory. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 43(4), 522–527. https://doi.org/10.1037/h0076760
Fullwood, C., James, B. M., & Chen-Wilson, C. H. J. (2016). Self-Concept Clarity and Online Self-Presentation in Adolescents. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 19(12), 716–720. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0623
Goffman, E. (1982). The presentation of self in everyday life. University of Edinburgh: Social Sciences Research Centre.
Gustina, H. (2019). Korelasi Media Sosial Instagram dengan Presentasi Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau. 2, 1–15.
Heatherton, T. F., & Polivy, J. (1991). Development and Validation of Scale of Self-Esteem. Journal of Personality and Social Psychology, 60(6), 895–910.
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan (Terjemahan oleh: Istiwidiyanti & (Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.
Junaidi, A. R. (2021). Pengaruh harga diri dan citra tubuh terhadap presentasi diri secara online pada pengguna instagram. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Karnadi, A. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Capai 205 Juta pada 2022. Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022
Kusumasari, H., & Hidayati, D. S. (2014). Rasa Malu Dan Presentasi Diri Remaja Di Media Sosial. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(2), 91.
Mazeikiene, A., Peleckiene, V., & Peleckis, K. (2010). The main factors determining the choice of self-presentation strategies in negotiations and business meetings. Business: Theory and Practice, 11(4), 353–361. https://doi.org/10.3846/btp.2010.38
Mehdizadeh, S. (2010). Cyberpsychology, behavior and social networking. Mary Ann Liebert, Inc, 13(4), 357–364.
Sa’diyah, S. A. & Fauziyah, Nailatin. (2021). The influence of self-esteem and self-consciousness on self-presentation among adolescent social media users. Indigenous Jurnal Ilmiah Psikologi. 6(1), 24-36.
Santrock, J. W. (2007). Adolescent (Remaja). Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
Websindo. (2019). Indonesia digital 2019: media sosial. https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/ Diakses pada 23 Juni 2022
Zenita, Y. M. (2019). Hubungan self-esteem dengan presentasi diri pada pengguna instagram. 53. https://repository.unair.ac.id/96468/
Zuraya, N. (2022). APJII: Pengguna Internet di Indonesia Naik dari 175 Juta Menjadi 220 Juta. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/rd7lbq383/apjii-pengguna-internet-di-indonesia-naik-dari-175-juta-menjadi-220-juta#:~:text=APJII%3A Pengguna Internet di Indonesia Naik dari 175 Juta Menjadi 220 Juta,-Jumat 10 Jun&text=Jaringan internet (ilustrasi).,pem
Refbacks
- There are currently no refbacks.