Penerapan Metode ‘Iqab dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal Tahun 2021

Yuriko Pulung Nugroho, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, Mohammad Farhan

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan santri dan untuk mengetahui penerapan metode ‘iqab (hukuman) di pondok Modern Darul Arqom (PMDA) Patean Kendal. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kedisiplinan santri PMDA sudah cukup baik. Kedisiplinan di bidang ibadah, menaati tata tertib, mengikuti kegiatan sesuai jadwal, dan berperilaku sudah baik. Sedangkan kedisiplinan belajar dan berbahasa masih perlu dibenahi. (2) Hukuman yang diberikan di PMDA terdiri dari 3 kategori, yaitu : a) Hukuman pelanggaran kategori ringan, berupa menulis kalimat dalam hitungan tertentu, atau hukuman fisik ringan, b) Hukuman pelanggaran kategori sedang, berupa menulis kalimat dalam hitungan yang lebih banyak, rambut dicukur habis, skorsing, atau dimusnahkan (untuk barang terlarang), c) Hukuman pelanggaran kategori berat, berupa pemanggilan orang tua, skorsing dalam waktu yang lebih lama, atau dikeluarkan. Hukuman yang diterapkan di PMDA tidak dilakukan secara sewenang-wenang dan tidak mengandung unsur kekerasan, serta merupakan metode terakhir yang diterapkan setelah metode yang lain sudah tidak efektif.

Full Text:

PDF

References


Amelia, Y., (2021). Efektifitas Hukuman Terhadap Kedisipilinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Sungai Mancur Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi Skripsi. UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi.

Antonio, M. S. & et. al, (2011). Ensiklopedia Leadership & ManajemenMuhammad Saw: Sang Pembelajar dan Guru Peradaban Jilid 6, Jakarta: Tazkia Publishing.

Daulay, H. P., (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fananie, K. H. R. Z., (2010) Pedoman Pendidikan Modern, Jakarta : Fananie Center, 2010

Jihad, A., (2011). Efektivitas Hukuman Terhadap Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Daar El-Qolam. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Nasution, S., (1999). Metode Penelitian Naturalitik Kuantitatif , Bandung: Tarsito.

Nurkholifah, I., (2018). Penerapan Sikap Disiplin pada Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren, Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 47.

Purwanto, N., (2000). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rufaida, A., (2020). Model Pembinaan Kedisiplinan Santri Di Pondok Modern Darul Arqam Patean Kendal. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang

Sa’adah, U. (2017). Hukuman dan Implikasinya terhadap Pembentukan Kedisiplinan Santri, Jurnal Pedagogik, 4(1), 17.

Sugiyono., (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Tolib, A., (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern, Risalah : Jurnal Pendidikan Islam 1(1), 63.

Yunidar, (2016). Penerapan Metode Thawab dan ‘iqab dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Dasar Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 182.

Zaenudin et al., (1991). Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.