PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PAKU KAPAL DI UD. JAYA SAKTI

Salman Alfarisi, Brav Deva Bernadhi, Eli Mas'idah

Abstract


UD. Jaya Sakti merupakan perusahaan penyedia alat – alat kebutuhan nelayan serta perkapalan kayu. Saat ini UD. Jaya Sakti sedang melakukan investasi mesin power press untuk produksi paku untuk perkapalan kayu, tetapi saat ini jumlah permintaan pasar lebih kecil dibanding kapasitas produksi mesin, hal ini menyebabkan mesin cenderung lebih sering menganggur. Terlebih lagi investasi ini merupakan usaha baru perusahaan yang mana belum ada pengalaman sebelumnya. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu menentukan strategi manajemen pemasaran yang tepat untuk mengetahui posisi perusahaan di dunia produksi paku kapal ini serta untuk meningkatkan permintaan. Penelitian ini menggunakan metode analisa SWOT serta AHP. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi perusahaan saat ini berada pada ST strategi yang mana memiliki kekuatan yang dominan tetapi juga memiliki ancaman yang tinggi. Untuk hasil penentuan strategi prioritas didapatkan strategi Memberikan harga yang bersaing dengan kompetitor (ST1) dengan bobot 0,51, disusul strategi Membuat surat penawaran harga dalam jangka waktu tertentu disesuaikan dengan surat penawaran harga dari pabrik besi (ST2) dengan bobot sebesar 0,33, dan yang terakhir strategi Menyiapkan dies pengganti sebelum dies butuh perbaikan (ST3) dengan bobot sebesar 0,16.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, S., Subarkah, A. and Tambunan, W. (2020) ‘Analisis Strategi Pemasaran Produk Kerupuk Rumput Laut Pada Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) Kota Balikpapan Kalimantan Timur’, MATRIK. doi: 10.30587/matrik.v21i1.1135.

Hasbi, A. R. (2019) ‘PENENTUAN PRIORITAS STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DI KABUPATEN BANTAENG DENGAN METODE AHP (ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS)’, Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo. doi: 10.35906/jm001.v4i2.277

Imambachri, S. H. (2017) ‘ANALISA STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL PT. MUSTIKA RATU TBK DI SAUDI ARABIA’, SEKRETARI. doi: 10.32493/skr.v4i1.604

Juanita, S. (2017) ‘Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online’, Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom

Jufriyanto, M. (2021) ‘Analisis Strategi Pemasaran Pada Kerajinan Kerudung UD. Arryna Raya Pada Masa Pandemic Covid-19’, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri

Leo, J., Nababan, E. and Gultom, P. (2014) ‘Penentuan Komoditas Unggulan Pertanian Dengan Metode Analy T Ical Hierarchy Process (Ahp)’, Saintia Matematika, 2(3), pp. 213–224.

Lesmana, R. and Susanti, N. (2018) ‘ANALISA STRATEGI BERSAING PT. GARUDA INDONESIA TBK. (PERSERO)’, Jurnal Pemasaran Kompetitif. doi: 10.32493/jpkpk.v1i3.1145.

Marginingsih, R. (2019) ‘Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan’, Cakrawala - Jurnal Humaniora.

G Miharja, K. (2018) ‘Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk’, Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis. doi: 10.31311/jeco.v2i1.2252

Narto and HM, G. B. (2020) ‘PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN PUDAK DI TENGAH PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN’, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya

Narto, N. and HM, G. B. (2020) ‘Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik’, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. doi: 10.30656/intech.v6i1.2195

L Prakoso, A. and Negoro, N. (2017) ‘Analisa Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah Dengan Pendekan SWOT-AHP (Analytic Hierarchy Process)’, Jurnal Sains dan Seni ITS

Salamah, L. (2017) ‘Analisa Strengths, Weaknesses, Opprotunities, and Threats (SWOT): Peluang dan tantangan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam mewujudkan integrasi Asia Tenggara’, Masyarakat, Kebudayaan dan Politik. Universitas Airlangga, 30(3), p. 300. doi: 10.20473/mkp.v30i32017.300-310.

Tukirin (2015) ‘Perkembangan penelitian managemen strategik di dunia’, Jurnal Ilmiah Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.