PENANAMAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI AQIDAH ISLAM PADA MASYARAKAT PESISIR DI DUSUN BANDENGAN DESA WEDUNG KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK

Erie Lulu Amaliyah, Toha Makhshun, Ahmad Muflihin

Abstract


Masyarakat muslim pesisir menghadapi banyak tantangan agama dan sosial dalam hal ibadah dan muamalah. Kehidupan masyarakat pesisir di Dusun Bandengan ini masih tradisional dengan banyak tradisi yang menjaga kesinambungan antara alam dan manusia. Dalam hal ini penanaman pendidikan nilai-nilai Aqidah Islam memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Karena agama tidak hanya mengatur kehidupan manusia di dunia, tetapi juga bagaimana kehidupan di akhirat nanti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penanaman pendidikan nilai-nilai Aqidah Islam pada masyarakat pesisir di Dusun Bandengan Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan nilai-nilai Aqidah Islam pada masyarakat pesisir di Dusun Bandengan Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat pesisir Dusun Bandengan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah proses penanaman pendidikan nilai-nilai aqidah Islam pada masyarakat pesisir Dusun Bandengan berjalan dengan baik dan masyarakat sangat bersemangat dalam melakukan dan menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan. Faktor yang menjadi penghambat dalam proses penanaman pendidikan nilai-nilai aqidah Islam yaitu karakter masyarakat, lingkungan, masyarakat, media informasi, dialog interaktif, dan ekonomi. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam proses penanaman pendidikan nilai-nilai aqidah Islam yaitu keluarga, masyarakat, tokoh agama, tempat dakwah, waktu atau jadwal dakwah, materi dakwah. Dengan demikian peranan tokoh agama sangatlah penting dalam proses penanaman pendidikan nilai-nilai aqidah Islam pada masyarakat pesisir. Tokoh agama selalu memberi arahan dan bimbingan kepada masyarakat pesisir Dusun Bandengan untuk selalu istiqomah dalam melakukan dan mengamalkan nilai-nilai aqidah dan selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

Full Text:

PDF

References


Abdul Pirol. 2018. Komunikasi Dan Dakwah Islam. ed. Sulaeman Jajuli. Yogyakarta: Deepublish.

Alfi Sa’adah. 2019. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Membentuk Kualitas Masyarakat Pesisir Di Pantai Konang Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Treanggalek Dan Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.†IAIN TULUNGAGUNG.

Catur Indah Rizkiana. 2020. “Penanaman Nilai-Nilai Aqidah Pada Siswa Melalui Program Kegiatan Hadrah Di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas.†IAIN Purwokerto.

Dede Ahmad Ghazali dan Heri Gunawan. 2015. Studi Islam, Suatu Pengantar Dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Efendy, Muhammad Shidiq et al. 2019. “Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Semarang Implementation of Moral Education in Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Semarang City.†: 1025–35.

Halid Hanafi, La Adu, Zainuddin. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. ed. Ika Fatria. Yogyakarta: Deepublish.

Indriana F. 2019. Mengenal Masyarakat Indonesia. ed. Rini S. Tangerang: Loka Aksara.

Kemenag RI. 2022. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Depag.

Moh Ali Aziz. 2017. Ilmu Dakwah Edisi Revisi. ed. Irvan Fahmi. Jakarta: Kencana.

Muhammad Asroruddin Al Jumhuri. 2015. Belajar Aqidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid Dan Akhlak Islamiyah. ed. Rizky Selvasari. Yogyakarta: Deepublish.

Muhammad Basrowi. 2019. Masyarakat Pesisir. ed. Sulistiono. Semarang: Penerbit Mutiara Aksara.

Qiqi Yuliati Zakiyah dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai, Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Rahman, A. 2012. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistimologi Dan Isi-Materi.†Jurnal Eksis 8(1): 2052–59.

Rahmatullah. 2016. “Perilaku Sosial Keagamaan Masyarakat Nelayan Di Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.†: 108. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/2467.

Ridhahani. 2016. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Al-Qur’an. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sangkot Sirat. 2013. Rukun Iman, Antara Keyakinan Normatif Dan Penalaran Logis. Yogyakarta: Suka-Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.