PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Irwan Sukendar, Andre Sugiyon, Bayu Aji Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemasok yang terbaik dari segi kecepatan, ketersedian barang, dan harga barang, agar keterlambatan ketika pemesanan maupun pengiriman bahan dasar kain tidak terjadi lagi sehingga memiliki pemasok tetap yang akan digunakan untuk jangka waktu tertentu seperti kriteria perusahaan. Penelitian ini menggunakan dua metode Analitic Hierarchy Process serta Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution, guna mencari pemasok terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ada. Pemilihan pemasok bahan baku kain adalah salah satu komponen terpenting dalam menjalankan sebuah produksi disebuah perusahaan, kinerja Pemasok mempengaruhi kinerja perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu secara hati-hati dan tepat mengevaluasi pemasok mereka. Pemilihan pemasok merupakan kegiatan strategis. Ini terutama benar jika pemasok menawarkan barang-barang yang penting dan penggunaan jangka waktu tertentu sehingga perlu untuk dilakukan pemilihan pemasok yang tepat. UMKM Karisma Collection adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang indusutri garmen, yang memproduksi beberapa produk yaitu celana, baju, dan krudung. Hal ini dikarenakan setiap produk memiliki bahan baku yang berbeda, dan tentunya motif yang dihasilkan berbeda.Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwa pemasok Al-Haqq mempunyai jarak terpendek ke solusi ideal positif (A+) yaitu 0,194 yang artinya di beberapa kriteria yang sudah ditentukan pemasok Al-haqq memiliki jarak terdekat dengan kriteria biaya yang paling minimal dan manfaat yang maksimal dengan nilai total 0,194 dibandingkan pemasok lain dan jarak terpanjang dari solusi ideal negative (A-) dengan nilai 0,400 yang artinya pemasok Al-Haqq memiliki jarak terjauh dari kriteria manfaat yang minimal dan dan biaya yang maksimal, sehingga memiliki nilai kedekatan relative (Ci) yaitu sebesar 0,674 yang berarti pemasok Al-Haqq memiliki kriteria terbaik dengan biaya yang minimal dan manfaat yang maksimal berdasarkan metode TOPSIS dibandingkan dengan pemasok yang lain nya membuatnya menjadi pemasok yang optimal

Full Text:

PDF

References


S. Wardah, “Model Pemilihan Pemasok Bahan Baku Kelapa Parut Kering dengan Metode AHP (Studi Kasus PT. Kokonako Indonesia),†J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 2, p. 352, 2016.

C. N. Wang, V. T. Hoang Viet, T. P. Ho, V. T. Nguyen, and V. T. Nguyen, “Multi-criteria decision model for the selection of suppliers in the textile industry,†Symmetry (Basel)., vol. 12, no. 6, pp. 1–12, 2020.

N. Phumchusri and S. Tangsiriwattana, “Optimal supplier selection model with multiple criteria: A case study in the automotive parts industry,†Eng. J., vol. 23, no. 1, pp. 191–203, 2019.

C. N. Wang, N. Van Thanh, J. T. Chyou, T. F. Lin, and T. N. Nguyen, “Fuzzy multicriteria decision-making model (MCDM) for raw materials supplier selection in plastics industry,†Mathematics, vol. 7, no. 10, 2019.

M. Djunaidi, C. D. Utami, A. K. Alghofari, and H. Munawir, “Selection of Furniture Raw Material Suppliers Using Fuzzy Analytical Hierarchy Process,†J. Tek. Ind., vol. 20, no. 1, p. 12, 2019.

S. Yana, B. Badaruddin, S. Rizal, and T. Hidayat, “Selection of Plastic Waste Recycling Material Suppliers By Means of Analytic Hierarchy Process,†2019.

N. Wulandari, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT . Alfindo dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),†J. Sist. Inf. Vol-1, vol. 1, no. 1, pp. 4–7, 2014.

I. Sukendar, W. Fatmawati, and A. Frinzani, “Analisis Kinerja Supplier Berdasarkan Pendakatan Vendor Performance Indicator (VPI) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Di PT . Idelux Furniture Indoensia,†J. Din. Tek., vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2021.

M. Krismalinda, “Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Menentukan Pemilihan Printer Pada Toko Aktual Komputer Sumedang,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

E. Nur Sejati Purnomo, “Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS, dan AHP-TOPSIS Dalam Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Program Akselerasi,†Univ. Sebel. Maret, Surakarta, pp. 1–15, 2013.

F. M. Tiloly and R. Vikaliana, “Analisis Rencana Implementasi dengan Metode EOQ Pada Manajemen Persediaan Material,†vol. 3, no. 2, pp. 238–246, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.