Keefektifan Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Hafalan Al-Qur’an Santri Hafidz Junior di Yayasan Nurul Hayat Semarang

Ayu Rizqiana, Khoirul Anwar, Moh Farhan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur efektivitas penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an santri HJNH Semarang. Jenis penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif. Cara pengambilan data penelitian yaitu dengan membagikan kuisioner dan test berupa ujian hafalan secara langsung, yang ditekankan pada 5 indikator kemampuan menghafal yaitu: kelancaran hafalan, mad, ghunnah, qalqalah dan makhrojilhuruf. Penentuan pengambilan populasi yaitu dari seluruh santri HJNH Semarang yang berjumlah 118 santri, dengan menggunakan teknik sample random sampling didapatkan subjek penelitian berjumlah 18 santri. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa dari 18 responden santri, menyatakan metode talaqqi di Yayasan HJNH Semarang dengan hasil persentase nilai tertinggi sejumlah 50%, hasil nilai sedang 6% dan hasil nilai rendah 44%. Sedangkan pada peningkatan kemampuan menghafal al-Qur’an santri, dengan hasil persentase nilai tertinggi 56%, hasil nilai sedang 39% dan hasil nilai rendah 6%. Maka dapat disimpulkan dengan pengambilan keputusan signifikan > 0.05, menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode talaqqi dengan kemampuan menghafal al-Qur’an, dengan hasil data penelitian signifikan 0.00 > 0.05, dengan demikian dapat dikatakan bahwa efektivitas penerapan metode talaqqi di Yayasan Nurul Hayat Semarang sudah baik.

Full Text:

PDF

References


Abu Firly Bassam Taqiy. (2017). Cara Cepat Belajar Baca Tulis Al-quran. Ar-ruzz Media.

Bahirul Amali Herry. (2012). Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Quran.

H. Sa’dulloh, S. Q. (n.d.). Buku 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an.. Gema Insani.

Haryani, L. D. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Unisssula.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. (2006). Pengantar Statistika (Issue 1). Bumi Aksara.

Ihsan, A. (2020). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Pondok Pesantren Ittihadul Usratil Wal Jama’ah Di Lerang-Lerang Kabupaten Pinrang.

Munzir, H. (2012). Pengantar Studi Al-Qur’an: Teori dan Pendekatan. LKIS PELANGI AKSARA.

Nurzulaikha, N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Talaqqi untuk membentuk Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Santri Taman Pendidikan Alqur’an Nurul Falah. 9–25.

Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Romdoni Massul. (2014). Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-ayat Suci Al-Qur’an. Lafal Indonesia.

Sirojudin Maftuh Basthul Birri. (2009). Petunjuk Mengaji dan Mengajar al-Qur’an di MMQ. Pondok Pesantren Lirboyo.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Umar Al-Faruq. (2014). Jurus Dahsyat Mudah Hafal Al-Quran. Ziyad Books.

Wayan Widana dan Putu Lia Muliani. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In Teddy Fiktorius (Ed.),

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.