Strategi Meningkatkan Kinerja Account Officer Melalui Pendekatan MSDM Pada KSPPS Bina Ummat Sejahtera KCU Lasem

Sri Wahyuni Ratnasari, Puspita Muthia’tun Ni’mah

Abstract


Artikel ini menunjukkan peran penting pendekatan MSDM dalam meningkatkan kinerja Account
Officers (AO). Permasalahan diidentifikasi dan data dikumpulkan ketika kegiatan magang
mahasiswa berlangsung di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera KCU Lasem. Salah satu
permasalahan utama yang ditemukan adalah belum tercapainya target penyaluran pembiayaan
dan target penurunan kredit macet. Faktor tersebut bisa berasal dari internal (kinerja pegawai
AO itu sendiri) dan dari eksternal (anggota). Artikel ini memfokuskan pada aspek internal
terutama terkait pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik lain dari SDM
organisasi, terutama Account Officers yang masih belum optimal. Hal ini menjadi salah satu
penyebab pegawai AO belum dapat mencapai target penyaluran pembiayaan maupun penurunan
target kredit macet. Observasi dan interviews dengan manajer dan Account Officers dilakukan
untuk mengetahui kondisi eksisting kegiatan pelatihan dan pengembangan yang sudah dilakukan.
Hal tersebut kemudian dikaji menggunakan teori yang relevan. Dari hasil analisis kualitatif yang
telah dilakukan, studi ini menyarankan bahwa pelatihan dan pengembangan berperan penting
untuk meningkatkan kinerja Account Officers. Karenanya KSPPS Bina Ummat Sejahtera perlu
meningkatkan program pelatihan dan pengembangan SDM nya baik dari aspek materi, frekuensi
maupun metodenya dengan mengakomodasi pengembangan softskill dan pemanfaatan teknologi
digital.


Full Text:

PDF

References


Anwar, G., & Shukur, I., (2015). The Impact of Training and Development on Job Satisfaction:

A Case Study of Private Banks in Erbil. International Journal of Social Sciences &

Educational Studies, 2(1), 65.

Haryati, R, A., (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan:

Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta, 3 (1), (91-93)

Ismael, N. B., Sorguli, S., Aziz, H. M., Sabir, B. Y., Hamza, P. A., Gardi, B., & Al-Kake, F. R.

A., (2021). The Impact of COVID-19 on Small and Medium-Sized Enterprises in Iraq.

Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 2496-2505.

Kasmir., (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori serta Praktik), Cetakan 2 (Edisi I).

Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, G., (2019). Analisis Kinerja Pemasaran Produk PT. Artois Pharma. Jurnal

Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 46–52.

Lestari, S. S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kompetensi Aspek Pengetahuan dan

Ketrampilan terhadap Kinerja Pemasaran di Pengrajin Pande Besi Kabupaten Madiun.

Tesis. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Mulyani, Ida Tri., (2015). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan

Orientasi Kewirausahaan melalui Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada

Usaha Mikro Kecil serta Menengah Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan

Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Rodriguez, A. L. L., and Morant, G. A., (2016). Linking Market Orientation, Innovation and

Performance: An Empirical Study on Small IndustrialEnterprises in Spain. Journal of Small

Business Strategy, 26 (1), pp: 37-50.

Sampurno., (2010). Manajemen Strategik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang

Berkelanjutan. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. Yogyakarta:BPFE.

Sousa, M. J., & Rocha. A., (2019). Leadership Styles and Skills Developed through Game-Based

Learning. Journal of Business Research, 94:360–66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.