HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Febri Ayu Hidayati, Nopi Nur Khasanah, Kurnia Wijayanti

Abstract


Latar Belakang : Pertumbuhan dan perkembangan anak yang signifikan terjadi saat usia prasekolah. Anak usia prasekolah adalah anak yang berusia 3-6 tahun, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak terdapat peningkatan. Peran orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dapat membantu anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan pada anak sesuai tingkatan usianya dengan normal tanpa ada penyimpangan. Peran utama pola asuh orang tua adalah mempertahankan kehidupan anak, meningkatkan kesehatan anak, serta memfasilitasi anak untuk mengembangkan tahapan perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional Pengumpulan data menggunakan kuesioner pola asuh orang tua, pengukuran pertumbuhan dan kuesionr perkembangan. Jumlah sampel 41 responden anak usia prsekolah dengan metode total sampling.
Hasil :Hasil analisis univariat karakteristik pola asuh otoriter dengan 6 responden (14.6%), Permisif dengan 16 responden (29.3%), demokratis sedang 23 responden (56.1%). Hasil analisis bivariat dengan uji spearman didapatkan nilai pola asuh dan BB/U (Ï= 0 ; r=0), pola asuh dan TB/U(Ï=0.273 ; r=0.251), pola asuh dan BB/TB (Ï= 0.333 ; r=0.222), ola asuh dan IMT/U (Ï=0.830 ; r=-0.051).
Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara hubungan pola asuh orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan ana usia prasekolah


Full Text:

PDF

References


Asthiningsih, N. W. W., & Muflihatin, S. K. (2018). Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Metode DDST II di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Samarinda. Jurnal Endurance, 3(2), 367. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.3149

Gemellia, P. A., & Wongkaren, T. S. (2021). Pengaruh Jam Kerja Orang Tua terhadap Kognitif Anak di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 21(1), 14–30. https://doi.org/10.21002/jepi.v21i1.1329

Potto, A. U. (2021). Gambaran Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar Tahun 2020. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242–249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Pratiwi, D. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Secara Fisik Pada Anak Usia (4-6 tahun) Prasekolah di TK Margobhakti Kelurahan Sukosari Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Prianto, V. R. (2017). Hubungan Peran Ibu dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

Soetjiningsih, & Ranuh, G. . (2015). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.) (2nd ed.). EGC.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

WHO. (2018). World Health Statistics of 2018.

WHO. (2019). World Health Statistics of 2019.

Winarsih, D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Saat Pandemi Covid -19 Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Di Kabupaten Ponorogo.

Yuniarti, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Di R . A Almardiyah Rajamandala Bulan Juli 2016. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Jendral Achmad Yani (SNIJA), 103–111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.