Pola Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Kehidupan Keberagamaan Masyarkat Di Desa Depok Kecamantan Pangkah Kabupaten Tegal

Muh. Mulki Rahmatullah, Moh. Farhan, M. Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Penelitian membahas mengenai, pola pembinaan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam,
kehidupan keberagamaan masyarakat dan faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan
agama Islam dalam membina masyarakat.Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni
tahun 2022 yang berlokasi di Desa Depok Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Dengan
metode penelitian kualitatif (field reseach) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Dengan melibatkan 9 orang sebagai
sampel diantaranya 3 guru pendidikan agama Islam dan 6 diantaranya masyarakat Desa
Depok.Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa kehidupan keberagamaan
masyarakat Desa Depok dari segi pemahamannya masyarakat sudah mampu membedakan
mana kegiatan agama dan kegiatan tradisi (budaya) serta dalam praktik ibadahnya masyarakat
sudah menjalankan sebagian besar rukun Islam, pola pembinaan yang dilakukan guru
pendidikan agama Islam dalam membina masyarakat ialah dengan menggunakan pola
pembinaan akhlak, pola akidah dan pola pembinaan ibadah dengan melaluibentuk- bentuk
kegiatan keagamaan berupa kajian kitab, jamiyahan, majelis taklim, majelis ilmu dan
pendidikan Al-Quran,Faktor pendukung yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam
dalam membina masyarakat ialah keikhlasan,kesadaran sebagai seorang figur dimasyarakat
serta kewajiban dakwah dalam menyampaikan kebaikan terhadap seluruh manusia. Faktor
penghambat yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam ialah waktu dan kesibukan
masing-masing guru pendidikan agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Haris, M. (2017). Agama dan Keberagamaan: Sebuah Klarifikasi Untuk Empati.

Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 9(2), 529.

Husnani. (2018). Pola Pembinaan Perilaku Beragama Pada Masyarakat Kecamatan

Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. SKIPSI, 9(1), 1–11.

JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG

Universitas Islam Sultan Agung

Semarang, 5 September 2022

ISSN : 2963-2730

Kurniasari, N. D. (2016). Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia

Dini di PAUD Madura. Jurnal Komunikasi, 10(1), 114.

https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i1.1844

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, A. A. (2019). Pengantar Penelitian Pendidikan. PPs IAIN SAS Babel.

Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif,

mixed methods, serta research & development. Pusat Studi Agama dan

Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA,

CV.

Suryana, E. (2013). Pembinaan Keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya

Agama Di Sma Negeri 16 Palembang. Ta’dib:Journal of Islamic Education

(Jurnal Pendidikan Islam), 18(02), 175. https://doi.org/10.19109/tjie.v18i02.45

Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan

Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(2), 52.

Yusuf, M. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif,Kualitatif & Penelitian

Gabungan. KENCANA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.