Asesmen dan Analisa Gedung Eksisting (Studi Kasus Bangunan Johar Shopping Center Semarang)

Eka Prasetya Aji Yahya, Faisal Adhitama Bhanu Pradipta, Antonius Prabowo Setiyawan

Abstract


Penelitian ini membahas penilaian eksisting struktur Gedung Johar Shopping Center dilakukan berdasarkan kebutuhan yang tidak hanya untuk penilaian Sertifikat Laik Fungsi (SLF), namun untuk jangka panjang yang berguna untuk mengetahui tingkat kelayakan struktur eksisting karena mengingat akan di adakannya pengalihfungsian Gedung Johar Shopping Center menjadi Pasar Johar. Dengan berdirinya Gedung Johar Shopping Centeryang sudah berdiri sejak tahun 1990 – an tentunya untuk mengetahui bahwa bangunan ini mampu menopang beban dari pengalihfungsian yang notabenya memilliki beban yang berbeda dari sebelumnya, oleh karena itu diperlukanya pengkajian ulang daripada gedung tersebut untuk mengetahui apakah diperlukanya perubahan struktur atau tidaknya menggunakan software atau aplikasi ETABS V.18.1.1. Diperlukanya kembali proses analisisstruktur untuk mengkaji hasil eksistingmenggunakan data – data pengujian dan juga untuk mengetahui kondisi elemen strukutur mengeni kondisi apakah mengalami perubahan bentuk atau deformasi yang dapat mengurangi tingkat keamana struktur. Beberapa metode dilakukan dalam penelitian antara lain Hammer Test untuk mengetahui mutu atau kualitas selimut beton, Rebar Test untuk mengetahui tebal selimut dan jarak ataupun jenis tulangan, dan menggunakan Waterpass untuk mengukur kondisi ketegakan gedung tersebut. Selain penggunaan alat uji pada proses analisis struktur dilakukan juga pengamatan visual Adapunjuga pengumpulan data – data yang didapat data data sendiri di vagi menjadi dua yaitu data primer dan sekunder. Setelah pengumpulan data maka dilakukan analisa struktur, setelah melakukan beberaapa tahapan pada analisa struktur maka tahapan berikutnya melakukan pengujian pushover pada struktur.Setelah melakukan analisis terhadap struktur maka didapatkan kesimpulan bahwa Gedung Johar Shopping Center memiliki hasil analisa yang aman sehingga bangunan ini masih layak untuk digunakan namun masih diperlukan beberapa perkuatan struktur untuk meningkatkan kualitas kekuatan bangunan.

Full Text:

PDF

References


Fadli, Hamzah (2015). APLIKASI ETABS PADA PERANCANGAN GEDUNG 15 LANTAI DENGAN STRUKTUR BETON BERTULANG MENGGUNAKAN SISTEM GANDA SEBAGAI PENAHAN BEBAN GEMPA SESUAI SNI 1726:2012. Jakarta: Structure Engineer.

Imran, Iswandi dan Fajar Hendrik. (2016). Perencanaan Lanjut Struktur Beton Bertulang. Bandung: ITB Press.

Budiono, Bambang dkk. (2017). Contoh Desain Bangunan Tahan Gempa Dengan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus dan Sistem Dinding Struktur Khusus Di Jakarta. Bandung: ITB Press.

Mustofa, Rizal dan Agus Purwinto Moestasmin. (2018). STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN APARTEMEN BIZ SQUARE SURABAYA. (Tugas Akhir, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya).

Ariyanto, Arief Subakti. (2020). ANALISIS JENIS KERUSAKAN PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT (Studi Kasus pada Gedung Apartemen dan Hotel CandilandSemarang). ( Tugas Akhir, Politeknik Negeri Semarang).

Pranoto, Yudi dan Riza Setiabudi. (2019). EVALUASI STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus pada Bangunan Gedung SMPN 19 Samarinda, Kalimantan Timur). (TugasAkhir, Politeknik Negeri Samarinda).

Sulendra, I Ketut. (2008). EVALUASI STRUKTUR BANGUNAN ADMINISTRASI RSUD UNDATA. Tadulako: Jurusan Teknik Sipil Universitas Tadulako.

Antonius. (2020). LAPORAN HASIL KAJIAN STRUKTUR LIPPO CIKARANG ORANGECOUNTRY TOWER C D & E F. Cikarang: CV. CAHAYA KARYA UTAMA.

Badan Standarisasi Nasional. (2019). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Gedung dan Nongedung. SNI 1726 2019. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. (2020). Beban Desain Minimum dan Kriteria Terkait UntukBangunan Gedung dan Struktur Lain. SNI 1727 2020. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. (2019). Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedungdan Penjelasan. SNI 2847 2019. Jakarta.

Antonius. (2020). Konsep Dasar dan Desain Struktur Beton Bertulang. Unissula Press. Semarang

Enggartiasto, Lintang. (2021). STUDI KELAYAKAN STRUKTUR BANGUNAN LAMA BERDASARKAN STANDAR BANGUNAN GEDUNG TERBARU YANG BERLAKU DI INDONESIA. (Tesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Bachtiar, Shabri Helmi dan Ahmad Ibrahim. (2020). DESAIN STRUKTUR GEDUNG MENGGUNAKAN TULANGAN GFRP (GLASS FIBER REINFORCED POLIYMER).

(Tugas Akhir, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.