Analisis Perbandingan Tebal Beton Pada Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2017 dan ASSHTO 1993

Faqih Hidayatullah, Fathur Rohman

Abstract


Jalan pantura Semarang – Demak merupakan jalan nasional yang memiliki ruas jalan
yang kuat untuk kenyamanan dan keamanaan pengendara jalan tersebut. Pada
perkerasanjalan terdapat dua jenis perkerasan jalan yaitu paerkerasan kaku dan lentur,
namun, pada perencanaan jalan Pantura Semarang – Demak ini menggunakan
perkerasan kaku (rigid pavement) yang direncanakan secara efisien dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil dari perhitungan tebal beton
dengan metode Bina Marga 2017 dan AASTHO 1993. Penelitian ini dimulai dengan
pengumpulan data sekunder dengan peninjauan lapangan di ruas Jalan Pantura
Semarang – Demak di STA 7+0.50 – STA 9+500 diambil pada hari dan jam kerja.
Selain itu, pengumpulan data sekunder dapat berupa parameter – parameter dari
masing- masing metode yang dibutuhkan. Pengumpulan data tersebut guna untuk input
perhitungan perbandingan antara Metode Bina Marga 2017 dan Metode AASHTO
1993.Hasil dari perhitungan perbandingan pada kedua metode yaitu Metode Bina
Marga 2017 menghasilkan tebal perkerasan adalah 25 cm, sedangkan pada metode
AASHTO 1993 menghasilkan tebal perkerasan adalah 35 cm.Hasil dari perbandingan
kedua metode ini dilihat dari parameter – parameter dari keduametode tersebut.


Full Text:

PDF

References


Aulia, Nuriandi. (2021). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku pada Ruas Jalan Tol

Binjai- Langsa (Sta 0+ 500–Sta 1+ 000) dengan Metode Manual Desain

Perkerasan 2017. Diss.

AASHTO, 1993,(1993) Guide for Design of Pavement Structures, American

Assosiation of StateHighway and Transportation Officials, Washington, USA

Bahari, Irza Ilham. (2021). Analisis Perbandingan Ketebalan Perkerasan Kaku dengan

Metode Bina Marga 2017 dan AASHTO 1993 pada Ruas Jalan Senganten–

Klino (Sta 0+ 000– Sta 8+ 000) Kabupaten Bojonegoro. Diss. Upn"

Veteran'jawa Timur,

Duani, Akhmad Fadil, Sutarto Yosomulyono, and Heri Azwansyah.(2015)

"Perbandingan BiayaPerkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku pada Jalan Karya

Bakti di Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau." Jelast: Jurnal Pwk, Laut,

Sipil, Tambang 5.2

Darmawan, Rahmatullah, and Lizar Lizar. (2020). Jurnal Tekla, 2.2 : 97-103.

(Perencanaan TebalPerkerasan Kaku (Rigid Pavement) menggunakan Metode

Bm-2017.

Fitriana, Ratna. (2014) Studi Komparasi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan

Tol menggunakan Metode Bina Marga 2002 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus:

Ruas Jalan Tol Solo–Kertosono). Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herliana, Rika, Heri Azwansyah, and Said Said. (2022, 09 Februari) "Analisis

Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Khatulistiwa Kota Pontianak dengan

menggunakan Metode BinaMarga 2017 dan Metode AASHTO 1993." Jelast:

Jurnal Pwk, Laut, Sipil, Tambang 9.1.

Hariyanto, Hariyanto, Setyaningsih Setyaningsih, and Bambang Bambang. (2021)

"Analisis Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode

Bina Marga 2003 danMetode AASHTO 1993 (Studi Kasus: Jalan Raya Blora

Cepu, Km 21+ 000 – KM 22+400Kabupaten Blora Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah

Teknosains 1-12.

Ikhwan, Moh. (2020). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Bina

Marga 2003 dan Metode AASHTO 1993 pada Proyek Jalan Tol Balikpapan-

Samarinda Sta. 22+ 025- Sta. 28+ 000. Diss. Universitas Muhammadiyah

Malang.

Kaku, Desain Tebal Perkerrasan Jalan. "Perencanaan Rigid Pavement dengan Metode

AASHTO1993."

Kurniawan, Muhammad Syahrial. (2020). Perencanaan Perkerasan Kaku pada Ruas

Jalan Gedangan-Betro-Kalangnyar (Sidoarjo) dengan menggunakan Metode

Bina Marga 2003 dan AASHTO 1993. Diss. Universitas Muhammadiyah

Malang.

Mitroatmodjo, Sabdo Adiguno. (2017). Analisis Perbandingan Perhitungan Tebal

Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga 2013 dan AASHTO 1993 (Studi

Kasus Jalan Tol Solo–Ngawi Sta 0+ 900–2+ 375). Diss. UAJY.

Nasution, Muhammad Azizi, Nanda Fajarriani, and Muhammad Idham. (2019) Jurnal

Teknik Sipil, 8.2 : 43-49. Perbandingan Tebal Perkerasan Jalan Kaku dengan

Metode Pd-T-14- 2003 dan Mdpj 2017 (Studi Kasus Jl. Yos Sudarso, Kota

Dumai).

Pasaribu, Russel Savarino, Komala Erwan, and Said Said. (2021) "Analisis

Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2017 dan Metode

AASHTO 1993 pada Jalan Husein Hamzah Pal 5." Jelast: Jurnal Pwk, Laut,

Sipil, Tambang 8.3.

Putranto, Leksmono Suryo, and Ni Luh Putu Shinta Eka Setyarini. (2010). Koefisien

Distribusi Kendaraan untuk Perancangan Tebal Perkerasan Lentur di

Mataram, Bandung, danSurabaya. Jurnal Transportasi 10.2.

Rizki, Muhammad Ansyari.(2021). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan

Metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga 2017 dan Metode AASHTO

pada Jalur LingkarKuningan–Ciamis Jawa Barat. Phd Thesis. Universitas

Muhammadiyah Malang.

Ramadhani, Elok Ciptia, Udi Subagyo, and Moch Fajar Subkhan. (2020) "Perbandingan

Tebal Lapis Perkerasan Kaku Metode Bina Marga 2003 dan Metode Manual

Desain Perkerasan2017 (Bina Marga) pada Tol Pandaan–Malang Sta. 30+ 625

S/D 38+ 488." Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi

Politeknik Negeri Malang 1.3

Sulaiman, Kristedy Permana. (2019). Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)

dengan menggunakan Wiremesh pada Ruas Jalan Hos. Cokroaminoto dan

Jalan Moch. Yamin (Tuban). Diss. Universitas Narotama Surabaya.

Syahrudi, Efan, Hendra Saputra, and Alamsyah Alamsyah. (2018). "Perbandingan

Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga 2003 dan 2017 (Studi

Kasus: Jalan Kelemantan-Sekodi)." Seminar Nasional Industri dan Teknologi.

Sudarno, Sudarno, Akhmad Nurul Falakh, and Nazila Dewi Navitasari. (2018).

"Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Raya Secang-Magelang menggunakan

Metode Analisa Komponen." Jurnal Disprotek 9.2

Stiyoningsih, Dini. (2018). Desain Tebal Perkerasan Kaku Jalan Raya menggunakan

MicrosoftExcel Berdasarkan Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/Bm/2013

dan Naasra. Diss. Universitas Narotama Surabaya.

Sulistyo, Dwi, and Jenni Kusumaningrum. (2013). "Analisis Perbandingan

Perencanaan Perkerasan Kaku dengan Menggunakan Metode Bina Marga dan Metode AASHTO Serta Merencanakan Saluran Permukaan pada Ruas Jalan

Abdul Wahab, Sawangan." ProsidingPesat 5.

Yusuf, Saiful Mardi. (2020). "Analisa Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid

Pavement) dengan Metode Bina Marga 2017 dan Metode AASHTO 1993 pada

Ruas Jalan Negara Kabupaten Panajam Paser Utara." Kurva S: Jurnal

Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil 11.2

Zohri, Saipudin, Widarto Sutrisno, and Agus Priyanto. (2019). "Analisis Tebal

Perkerasan Kakupada Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Berdasarkan Metode

Bina Marga (Manual DesainPerkerasan 2017) dan AASHTO (1993)." Renovasi

: Rekayasa dan Inovasi Teknik Sipil4.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.