Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Daring

Desyana Patresia Tampubolon, Nathasya Thesalonika, Tin Rustini

Abstract


Kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap segala aktivitas dalam kehidupan termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Agar tidak mengalami ketertinggalan sebuah lembaga pendidikan harus menerapkan teknologi dalam sebuah proses pembelajaran. Penggunaan sebuah teknologi pada sekolah merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan lagi kualitas dari sekolah tersebut. Hal tersebut menjadi urgensi pula bagi seorang pendidik untuk mampu menerapkan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi. Kemudian penggunaan teknologi yang terus menerus juga telah membentuk gaya belajar dalam diri peserta didik pada generasi saat ini. Selain itu, akibat adanya wabah virus covid-19 yang menjadikan pembelajaran menjadi daring sehingga sebuah media pembelajaran berbasis teknologi sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran sebuah proses pembelajaran secara daring. Maka dari itu media pembelajaran berbasis teknologi berperan sangat penting dalam pembelajaran daring saat ini dan hal tersebut menjadi tantangan bagi seorang pendidik untuk dapat mengetahui peran dari media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran daring serta mampu menggunakan dan menerapkannya kepada para peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Andriani, T. (2016). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126. Tersedia: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/1930

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15100

Fajrin, M. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3424

Firdaus, T. (2018). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran. Tersedia: https://osf.io/preprints/46ckj/

Herlambang, Y.T. (2018). PEDAGOGIK: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., dan Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53-56. Tersedia: http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Tersedia: http://www.academia.edu/download/63086906/Selvy_Windy_Lestari_1503618034_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_Dalam_Masa_Pandemi20200425-25955-ktmda8.pdf

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(2). Tersedia: https://pdfs.semanticscholar.org/54c8/b149c997d3a17c7a72633f77ab5ca673d55b.pdf

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. Tersedia: http://103.55.216.56/index.php/alasma/article/viewFile/13646/8447

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819. Tersedia: https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/371

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783). Tersedia: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5886


Refbacks

  • There are currently no refbacks.