UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Rusi Rusmiati Aliyyah, Herawati Herawati

Abstract


Penelitian ini merupakan classroom action research yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan tujuan untuk melakukan peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SDN Cilangkap 3 Tapos, kota Depok, Jawa Barat, dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Grand Tour awal menunjukan data nilai hasil belajar siswa sebanyak 39 orang (78%) belum mencapai KKM (belum tuntas), dan hanya 11 orang (22%) yang sudah tuntas dengan KKM 70. Model penelitian menggunakan Kemmis & Mctaggart yang terdiri dari planning, acting, observing dan reflecting dengan kriteria keberhasilan penelitian 75% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukan dari tiga dimensi yang diteliti yakni 1) Kualitas Pembelajaran memperolah ketuntatasan belajar 43% pada siklus pertama pertemuan pertama, 56% siklus pertama pertemuan kedua, dan 85% pada siklus kedua pertemuan pertama. 2) Perubahan Perilaku Siswa memperoleh ketuntasan belajar 54% pada siklus pertama pertemuan pertama, 63% siklus pertama pertemuan kedua, dan 83% pada siklus kedua pertemuan pertama. 3) Tes Hasil Belajar memperoleh ketuntasan belajar 38% pada siklus pertama pertemuan pertama, 60% siklus pertama pertemuan kedua, dan 82% pada siklus kedua pertemuan pertama. Kenaikan porsentase hasil siklus pertama pertemuan pertama dan kedua dimensi kualitas pembelajaran 12%, perubahan perilaku siswa 9%, dan hasil belajar 22%. Sementara itu, siklus pertama dan kedua dimensi kualitas pembelajaran 29%, perubahan perilaku siswa 20% dan hasil belajar siswa 22%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Team Assisted Individualization


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.