PERAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERDAGANGAN DI ERA MEA

Muhammad Zulfadhli, Asnawi Asnawi, Maisuri Hardani

Abstract


Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mulai diterapkan. Dengan diterapkannya MEA, arus produk ekonomis, informasi, dan perdagangan akan masuk dengan cepat tiada batas. Indonesia diharapkan mampu menyiapkan sumber daya manusia yang ada. Modal utama yang dimiliki Indonesia adalah bahasa. Bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa persatuan dan lambang identitas nasional. Sebagai bahasa persatuan dan lambang identitas nasional bahasa Indonesia berperan dapat mengembangkan ilmu pengatahuan dan budaya Indonesia untuk diketahui masyakarat luas, terutama masyarakat ASEAN. Fenomena ini mengakibatkan pentingnya bahasa Indonesia dalam masyarakat ekonomi ASEAN, khususnya dalam bidang perdagangan. Metode yang digunakan untuk melakukan penelaahan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelaahan dilakukan dengan teknik analisis hermeneutik berdasarkan masalah. Hasil penelaahan membuktikan bahwa di era MEA bahasa Indonesia sebagai bahasa perdagangan  berperan untuk melakukan persuasif terhadap penjualan dan penawaran produk dan sebagai bahasa pengantar dalam melakukan teransaksi dan promosi.

 

Kata Kunci: peran, bahasa Indonesia, perdagangan, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.