Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Pekerjaan Umum dengan Pendekatan Konsep Nilai Hasil

Raden Abdul Rahman, Imam Much Ibnu Subroto, Dedy Kurniadi

Abstract


Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan lembaga pemerintahan yang bergerak dibidang perkejaan umum dalam pemerintahan yang diantaranya melakukan pembangunan dan tata kelola kota/kabupaten se-Sultra. Dalam melakukan penelitian di Dinas Pekerjaan Umum tersebut ditemukan permasalah yaitu dalam hal pelaporan progres pekerjaan proyek, karyawan yang berada di lapangan harus datang ke kantor untuk melaporkan hasil kerja mereka kepada pimpinan. Dengan banyaknya proyek kerja yang dilakukan di setiap bidang, tentunya akan sangat tidak efisien baik dari segi waktu maupun biaya pada saat akan melaporkan progres maupun hasil kerja ke pimpinan tersebut. Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem yang dapat memudahkan karyawan maupun pimpinan menjalankan tugasnya. Dengan adanya sistem ini maka dapat meningkatkan efisiensi kerja para karyawan dalam melakukan pelaporan progres pekerjaan proyek. 


Full Text:

PDF

References


B. Setiawan, "Monitoring Kondisi Jalan Berbasis Sistem Informasi Geografis Untuk Membantu Perencanaan dan Pembangunan Jalan Kota Depok," UG Journal, vol. 7, 2013.

M. Mudjahidin and N. D. P. Putra, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN PROYEK BERBASIS WEB," Jurnal Teknik Industri, vol. 11, 2012.

P. Sugoro, et al., "MONITORING PADA PEMBANGUNAN PROYEK TERMINAL PENUMPANG KABUPATEN BARRU SULAWESI SELATAN DENGAN METODE KONSEP NILAI HASIL DIKONVERSIKAN TERHADAP KURVA S," Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, vol. 1, pp. pp-79, 2015.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling Language (UML)," Ilmu Komputer, 2003.

B. W. Soemardi, et al., "Konsep Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi," Institut Teknologi Bandung, 2006.

A. N. Ramadhani, "PEMBANGUNAN APLIKASI WEB DISTRIBUSI KELOMPOK TANI KATATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING," 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.13-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia