Implementasi Logika Fuzzy Mamdani pada Sistem Rekomendasi Perpanjangan Kontrak Kerja

Dwi Zunia Arianto, Imam Much Ibnu Subroto, Dedy Kurniadi

Abstract


Belum adanya sistem pendukung keputusan yang menghitung secara komputerisasi dalam penentuan perpanjang kontrak karyawan pada PT. Graha Prima perkasa sehingga perusahaan mengalami kendala untuk menentukan perpanjang kontrak setiap periodeny, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem penpendukung pengambil keputusan yang menggunakan logika fuzzy metode mamdani, Logika fuzzy merupakan salah satu ilmu yang sdapat menganalisa ketidakpastian,  pada penelitian ini menggunakan logika fuzzy.metode mamdani. untuk mendapatkan keluaran dari metode ini diperlukan 4 tahapan yakni; Pembentukan himpunan fuzzy, Aplikasi fungsi implikasi, Komposisi aturan, Defuzzifikasi dan kriteria yang digunakan adalah absensi, prestasi, kedisiplinan, dan implementasi lapangan dengan menggunakan dau atau tiga nilai linguistik pada setiap variabelnya dari hasil penlitian yang telah dilakukan, metode mamdani dapat digunakan sebagai rekomendasi perpanjajang kontrak kerja karyawan


Full Text:

PDF

References


A. Y. Prieskawati, “Pada Pvc Film Dengan Metode Fuzzy Logic ( Studi Kasus : Pt Karyaterang Sedati ),†FMIPA ITS, no. 1308100021, pp. 1–6, 2010.

R. A. Septiawan, “Implementasi logika fuzzy mamdani untuk menentukan harga gabah,†Univ. Dian Nuswantoro, 2009.

K. Pratiwi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perpanjangan Kontrak Kerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Web (Studi Kasus : Showroom Iwan Mobil Kertosono),†Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, no. 121080200087, pp. 1–14, 2011.

A. Baswara and A. Nursikuwagus, “Implementasi Fuzzy Mamdani untuk Seleksi Siswa Baru,†Sekol. Tinggi Sains dan Teknol. Indones., pp. 1–5, 2013.

S. Jayanti and S. Hartati, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Anggota Paduan Suara Dewasa Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani,†IJCCS, vol. 6, no. SPK, pp. 55–66, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.3.2.75-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia