SISTEM KONVERSI MULTI GUNA DAN ENSIKLOPEDI BERBASIS VISUAL

Lena Elfianty, Ricky Zulfiandry, Jusuf Wahyudi

Abstract


Teknologi informasi merupakan bidang ilmu yang menggali data, fakta dan berbagai informasi seluas-luasnya baik berupa angka, teks, gambar, sinyal analog maupun digital dengan komputer sebagai alat bantunya.  Berbagai sumber data tersebut dikelompokkan, dimodifikasi, ditransfomasi dan diolah ke dalam bentuk lain untuk dijadikan data baru, fakta baru, informasi baru yang dibutuhkan oleh pengguna yang semuanya dapat disebut sebagai informasi.

Proses pengolahan yang melibatkan berbagai cara dan teknik dengan menggunakan berbagai perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang sesuai diharapkan akan didapat memberikan kepuasan bagi pengguna terhadap informasi yang untuk selanjutnya dapat dijadikan sebagai data dalam bentuk lain oleh para pengguna.

Selain itu sebagaimana kenyataan sehari-hari yang dihadapi banyak orang adalah transformasi dan pengubahan (konversi) terhadap satu bentuk data menjadi bentuk lain baik yang sepadan maupun ke dalam bentuk lain juga sering dibutuhkan.  Sebagai contoh, seringkali seseorang memerlukan informasi tertentu baik kata dalam bahasa tertentu, gambar dan uraian dari sesuatu obyek dan sejenisnya.  Sehingga kebutuhan tersebut yang seharusnya mudah didapat, tetapi karena alat atau perangkat lunak yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan tersebut tidak tersedia.  Maka diperlukan adanya suatu program atau model yang memiliki kemampuan untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam hal transformasi data ke dalam bentuk lain seperti sistem konversi multiguna.

Manfaat dari program ini nantinya dapat membantu para pelajar untuk menggali berbagai informasi dalam bentuk kamus bergambar (ensiklopedi) dan sebagai alat bantu para pelajar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

References


Baharuddin, Hariyanto, A., 2015. Konversi Energi Panas Penggerak Utama Kapal Berbasis Thermoelectric. Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK). Vol. 13, No. 1. Januari – Juni 2015.

Gulo, F., 2016. Aplikasi Pembelajaran Konversi Bilangan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI) . Jurnal Riset Komputer (JURIKOM). Vol. 3, No. 6.

Hanif Nurrmansyah, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Anbaul Ulum Pakis – Kabupatan Malang. Skripsi. Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang.

Hidayat, A., Saputro, S., Sukardjo, J.S., 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4, No. 2. Tahun 2015. Hal. 47 – 56. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia

Rini, P.P., Iqbal, M., Astuti, D.P., 2016. Rancangan Sistem Informasi Konversi Nilai Mahasiswa Pindahan dan Lanjutan (Studi Kasus di STMIK Bina Sarana Global). Jurnal SISFOTEK GLOBAL. Vol. 6, No. . Tahun 2016. . http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/viewFile/98/100

Komarayanti, S., 2017. Ensiklopedia Buah-Buahan Lokal Berbasis Potensi Alam. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol. 2. No. 1. Hal. 61 – 75. Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammasiyah Jember.

Sagita, S. M., Khotijah, S., Amalia, R., 2013. Pengkonversian Data Analog Menjadi Data Digital Dan Data Digital Menjadi Data Analog Menggunakan Interface PPI 8255 Dengan Bahasa Pemrograman Borland Delphi 5.0. Jurnal : FAKTOR EXACTA. Vol. 6(2): 168 – 179. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/download/229/215

Sommerville, I., 2005. Software Engineering. 6th Edition. Copyright Addison – Wesley. Publishers Limited 1982. Pearson Education Limited.. United Kingdom. Diterjemahkan oleh Yuliza Hanum. Penerbit : PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Vanessa, G., 2013. Pembuatan Ensikloedia Hewan Punah Dan Terancam Punah Berbasis Web. Jurnal : Callyptra. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Universitas Surabaya. Vol. 2. No. 2. Hal. 1– 6




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.3.2.98-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia