Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web
Abstract
Jumlah kecamatan di Kabupaten Jepara yang jauh dari pusat kota membuat orang kesulitan mengeluhkan masalah pembangunan sarana dan prasarana terkait di Kabupaten Jepara. Apalagi dengan rumitnya proses pengaduan membuat orang enggan mengeluhkan masalah ke pemerintah. Keluhan dari masyarakat penting bagi pemerintah untuk mengevaluasi program oleh pemerintah. Keluhan masalah dibutuhkan oleh pemerintah untuk pengembangan suatu daerah. Perkembangan teknologi di daerah-daerah ini semakin cepat, terbukti dengan banyaknya jumlah orang yang sudah menggunakan perangkat mobile android yang canggih. Masyarakat cenderung mencari informasi dan berkomunikasi melalui perangkat seluler daripada berkomunikasi secara langsung. Masyarakat Kabupaten Jepara membutuhkan alat pengaduan sehingga mereka dapat mengajukan keluhan kepada pemerintah dengan mudah. Pada bagian pemerintah sendiri telah menyediakan fasilitas tersebut tetapi belum terbukti secara efektif oleh adanya keluhan yang dikirim ke kritik dan saran. Sedangkan sarana masyarakat tidak bisa mendapat respon. Selain itu dari pihak manajemen sendiri masih menggunakan email sebagai sarana penghubung. Diperlukan sarana yang mudah bagi orang-orang untuk mengeluh tentang masalah dan pemerintah untuk menanggapi keluhan dan mengevaluasi pemerintah. Penulis memberikan solusi untuk pembuatan sistem informasi pengaduan berbasis web di Jepara yang menghubungkan masyarakat dengan pemerintah. Sistem dapat dibuka melalui perangkat seluler atau komputer yang dibuat menggunakan pemrograman PHP dan database MySql sebagai penyimpanan data.
Â
Keyword: sistem informasi, keluhan, webresponsive
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.2.2.111-123
Refbacks
- There are currently no refbacks.