Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Pernikahan Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Bonegunu

J Jimsan, Muhammad Qomaruddin, Mustafa Mustafa

Abstract


Kantor Urusan Agama (KUA) Bonegunu merupakan salah satu KUA yang masih menggunakan cara manual dalam pendaftaran pernikahan, perceraian dan rujuk. Pengolahan data belum dilakukan secara terkomputerisasi. Data-data pendaftaran pernikahan, cerai dan rujuk yang tersimpan, sangat sulit jika ingin dicari kembali. Kepala KUA memperoleh laporan berupa buku besar berisi data-data pendaftaran nikah, cerai dan rujuk. Pendaftar atau calon pengantin (catin) harus ke KUA untuk melakukan pendaftaran secara offline. Data-data yang di bawa oleh Pendaftar/Catin masih menggunakan kertas formulir. Proses yang masih manual pada KUA tersebut dinilai kurang optimal dalam pelayanan masyarakat.
Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem informasi manajemen untuk mengelola proses pendaftaran pernikahan, cerai dan rujuk yang ada di KUA Bonegunu. Sistem tersebut dapat membantu proses pengelolaan data di KUA agar lebih cepat dan memudahkan pegawai KUA melaksanakan pelayanan.
Dengan adanya sistem tersebut, pendaftaran menikah dapat dilakukan secara online, dan laporan data untuk Kepala KUA lebih terperinci karena dikelola di dalam sistem dengan baik.


Full Text:

PDF

References


I. L. Rohmi, "Analisis Hukum Islam Terhadap Perkawinan Duda dalam Masa Iddah," 2010.

B. A. Ashari, "Analisis Hukum Islam Terhadap Faktor Ekonomi Sebagai Penyebab Tingginya Angka Cerai Gugat Di Kabupaten Jepara," in Doctoral Dissertation, STAIN Kudus, 2016.

I. Rofiah, "Relevansi Pendapat Imam Malik Dan Imam Syafi’i Dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Rujuk," in Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2010.

L. P. Dewi and U. Indahyanti, "Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram UML dan BPMN (Studi Kasus Frs Online)," 2012.

R. E. Billya and E. Y. Putra, "Sistem Informasi Alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat," Konferensi Nasional Sistem & Informatika, pp. 9-10, 2015.

R. A. Bakri and H. Fitriawan, "Sistem Lelang Online Berbasis Web," Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, vol. 7, no. 3, pp. 99-100, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.2.1.57-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia