Penggunaan Node-RED pada Sistem Monitoring dan Kontrol Green House berbasis Protokol MQTT

Sri Mulyono, Muhammad Qomaruddin, Muhammad Syaiful Anwar

Abstract


Sistem Internet of Things (IoT) memungkinkan pengguna untuk mencapai lebih dalam terhadap otomatisasi, analisis, dan integrasi sistem serta meningkatkan jangkauan daerah dan akurasi sistem, IoT memanfaatkan teknologi penginderaan, jaringan dan robotika. Pembangunan green house  belum sepenuhnya sesuai dengan iklim dimana green house tersebut dibuat atau dibangun, sehingga harapan pemenuhan kuantitas, kualitas dan kontinuitas produksi belum terealisasi dengan baik/optimal, oleh karenanya upaya-upaya dalam perbaikan kualitas sebuah green house sangat diperlukan, salah satunya adalah peningkatan kontrol pada green house itu sendiri seperti monitoring and controling, kontrol yang dimaksudkan seperti  suhu udara, kelembaban udara, kelembaban tanah dan kontrol distribusi air. Oleh karena itu melalui penelitian ini akan dibuat sebuah sistem penyiram tanaman yang mampu mengkondisikan suhu udara, kelembaban tanah dan kelembaban udara pada tanaman secara otomatis, sistem tersebut akan dibangun berbasis IoT menggunakan Node-RED dengan protokol MQTT, metode penelitian dengan urutan proses pengambilan data, perancangan permodelan, pembuatan alat, pembuatan sistem, kalibrasi alat dan hasil analisa data, sehingga sistem dapat dimonitor dan dikontrol secara realtime. Dengan adanya sistem automasi berbasis IoT dengan protokol MQTT pada penyiram tanaman maka dapat meningkatkan efisiensi waktu,tenaga dan energi, serta mengoptimalkan proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

Full Text:

PDF

References


T. I. Society, “The Internet of Things: An Overview,†2015. [Online]. Available: https://www.internetsociety.org/sites/default/files/ISOC-IoT-Overview-20151014_0.pdf.

R. E., “Cara Memprogram Wemos D1 R2 Mini ESP8266 Dengan Arduino,†2016. [Online]. Available: http://eko-rudiawan.com/cara-memprogram-wemos-esp8266-dengan-arduino/.

G.O. Satria, G.B. Satrya, dan A. Herutomo., Implementasi Protokol Mqtt Pada Smart Building Berbasis Openmtc. Universitas Telkom Bandung, 2014.

M. Tim J, “Develop with Node-RED,†2016. [Online]. Available: https://software.intel.com/en-us/articles/developing-with-node-red?utm_source=teknojurnal.com&utm_medium=Syndication&utm_campaign=Iot_indonesia_APAC_ContentSyndication_2016&cmp=tj162.

S.Guntoro, Saatnya Menerapkan Pertanian Tekno-Ekologis Topan Nixo. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.3.1.31-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia