Sistem Informasi Rental Mobil Terintegrasi Menggunakan Service Oriented Architecture

Adnan Kurniawan, Agus Adhi Nugroho, Sri Mulyono

Abstract


Rental mobil adalah penyedia layanan transportasi yang menawarkan jasa penyewaan mobil. Rental mobil Omah Mobil merupakan penyedia layanan penyewaan mobil yang berada di kota Salatiga. Pada saat ini dalam proses penyewaan masih menggunakan cara manual. Selain masih manual dalam proses penyewaan apabila ketersedian mobil habis peminjam mencari mobil ke tempat rental lain atau rental mobil Omah Mobil menelpon satu-persatu rental mobil yang berkerjasama untuk menanyakan ketersediaan mobil. Belum adanya informasi peminjam yang bermasalah antar rental mobil juga menghambat proses penyewaan mobil karena untuk mengetahui informasi peminjam yang bermasalah juga harus menelpon satu-persatu rental mobil yang bekerjasama. Untuk menyelesaikan permasalah tersebut maka dibentuklah sistem informasi rental mobil terintegrasi menggunakan Service Oriented Architecture (SOA)  dengan menginplementasikan Web Service. Dengan adanya sistem informasi rental mobil yang saling berintegrasi diharapkan antar rental mobil dapat saling bertukar data persediaan mobil dan informasi data peminjam yang bermasalah. Sehingga dapat memudahkan dan membantu peminjam dalam mencari mobil sehingga proses penyewaan mobil menjadi cepat, efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


A. Wardana, “Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Service Recovery pada Top Brand Perusahaan Penyedia Jasa Rental Mobil di Indonesia Berdasarkan Presepsi Pelanggan Korporasi,†pp. 15–22, 2013.

W. H. Utomo, “Pemrograman Aplikasi SOA,†2012.

I. P. A. E. Pratama, Integrasi Dan Migrasi Sistem. Bandung: Informatika, 2016.

N. A. P. S. Sudaryanto, “Implementasi Service Oriented Architecture Pada Sistem Pengelolaan Data Asuransi BPJS Karyawan PT. Transportasi Jakarta,†2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.2.2.134-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia