Sistem Seleksi Penerima Dana Bantuan Keluarga Kurang Mampu Menggunakan Metode ELECTRE

Muhammad Rahman Hakim, Imam Much Ibnu Subroto, Andi Riansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung keputusan seleksi penerima dana bantuan bagi keluarga kurang mampu yang tepat berdasarkan kriteria-kriteria persyaratan penerima bantuan. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode Elimination and Choice Expressing Reality (ELECTRE). Ada beberapa kriteria yang telah dijadikan sebagai parameter perhitungan dan setiap kriteria diberi bobot sesuai dengan tingkat prioritas penerima bantuan, dimana nilai bobot kriteria adalah antara 0-1. Nilai bobot dinormalisasikan dan dihitung dengan metode ELECTRE berdasarkan utilitas. Pada metode ELECTRE keputusan diambil berdasarkan kriteria dan bobot dan akan menhasilkan score untuk setiap data record calon penerima bantuan dan selanjutnya dibandingkan dengan record yang lain sehingga menghasilkan perangkingan dari beberapa hasil calon penerima dana bantuan. Semakin tinggi score maka semakin direkomendasikan untuk menerima bantuan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa ELECTRE mampu memberikan rekomendasi yang tepat berdasarkan rangking score para calon penerima bantuan. Jumlah penerima bantuan bisa disesuaikan dengan ranking dan ketersedian dana yang akan disalurkan kepada masayarakat. Hasil implementasi dari dapat menyimpulkan bahwa sistem seleksi penerima dana bantuan menggunakan metode ELECTRE dapat digunakan sebagai sistem pendukung keputusan yang tepat dan terukur.

Full Text:

PDF

References


W. Fauzi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Dana Rutilahu Dengan Menggunakan Metode Electre,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 2089–9815, 2016.

S. Sundari, A. Wanto, Saifullah, and Indra Gunawan, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Electre Dalam Merekomendasikan Dosen Berprestasi Bidang Ilmu Komputer (Study Kasus di AMIK & STIKOM Tunas Bangsa),†Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu, no. x, pp. 1–6, 2017.

A. A. Hartono, “Sistem Pendukung Keputusan pada Penjurusan Siswa Terkendala dengan metode Analytic Hierarchy Process,†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 03, no. 3, pp. 194–200, 2014.

D. Andayati, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Kredit,†vol. 3, no. 18, pp. 1–11, 2010.

S. Akshaerari and U. Wijayanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produksi Sepatu Dan Sandal Dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant La Realité (Electre),†J. EurekaMatika, vol. 1, no. 1, 2013.

M. Mesran, S. Anita, and R. D. Sianturi, “Implementasi Metode Electre Dalam Penentuan Karyawan Berprestasi (Studi Kasus: PT. MEGARIMAS SENTOSA),†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 3, p. 32, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.4.1.57-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia