Penerapan Standar Metadata Dublin Core (DC) dan Open Archive Initiatif (OAI) di Fakultas Teknologi Industri UNISSULA

Alfiah Nurul Fatimah Intan Pertiwi, Imam Much Ibnu Subroto, Badieah Assegaf

Abstract


Perpustakaan Fakultas Teknologi Industri (FTI) merupakan perpustakaan yang menyimpan hardcopy maupun softcopy Tugas Akhir / Tesis mahasiswa Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika. Dalam penyimpanan data tersebut masih dilakukan secara konvensional. Penyimpanan softcopy file masih menggunakan CD / kaset. Tidak adanya sistem penyimpanan digital tersebut menyulitkan pihak dosen maupun mahasiswa untuk melihat penelitian apa saja yang telah dibuat sebelumnya untuk dijadikan referensi atau patokan. Sehingga kemungkinan terjadinya plagiarisme judul atau tema penelitian yang sama sangat besar. Untuk mengurangi penggunaan CD / Kaset tersebut dibangun sebuah sistem penyimpanan digital atau biasa disebut sistem repositori. Sistem repositori perpustakaan FTI bertujuan pula untuk pertukaran atau (sharing) metadata. Repositori ini menggunakan metadata Dublin Core untuk melakukan sharing metadata tersebut. Metadata Dublin Core merupakan standar untuk pertukaran metadata antar repositori, misalnya pertukaran metadata antar fakultas di Unissula atau dengan perpustakaan pusat Unissula. Sistem repositori ini menggunakan OAI-PMH yang merupakan protokol yang dibangun dengan basis dari elemen-elemen Dublin Core dengan beberapa penambahan fitur. Selain tujuan di atas, protokol ini memungkinkan tukar menukar metadata antar dua atau lebih sistem. Dengan adanya sistem tersebut, penyimpanan file Tugas Akhir dikelola di dalam sistem dengan baik dan perpustakaan dapat melakukan sharing metadata antar repositori yang ada di UNISSULA.


Full Text:

PDF

References


Antonius Rahmat C, “Analisis Rancang Bangun Sistem Repositori Institusi Berbasis Metadata Dublin Core di UKDW Yogyakarta,†Ultim. InfoSys, vol. V, no. 2, pp. 65–73, 2014.

Dwi Fajar Saputra, “Repository Institusi Berbasis OMEKA (Studi Kasus di Medical Knowledge Center-FK UPNVJ),†Khizanah Al Hikmah, vol. III, no. 1, pp. 11–19, 2015.

Iwan Handoyo Putro; Resmana Lim ; Rocky Y. Dillak, “Aplikasi Web Direktori Jurnal Menggunakan Feature Harvester Metadata Artikel,†Pros. SENTIA, pp. 181–184, 2009.

C Lagoze ; H V Sompel, “The Open Archives Initiative,†in Proceedings of the first ACM/IEEE-CS Joint Conference on Digital Libraries (JCDL’01), 2011, p. 6.

Ibnu Aqil, "Sistem Informasi Alumni Program Diploma Pada Bina Sriwijaya Palembang Berbasis Web," Jurnal IPTEK, pp. 4-6, 2010..

Youssef Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,†Internaional J. Eng. Technol., vol. 2, no. 5, p. 2, 20

E. Andriani, “SISTEM INFORMASI BEBAS PUSTAKA PADA UPT. PERPUSTAKAAN UNISSULA,†Semarang, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ei.2.1.21-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Transistor EI diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia